Survei yang dilakukan Nielsen Company tentang Indonesia Consumer Confidence Kuartal IV 2017 menunjukkan bahwa indeks kepercayaan konsumen Indonesia mengalami penurunan. Meski demikian, Indonesia masih menjadi salah satu negara dengan kepercayaan market secara global yang tinggi.
"Nielsen mencatat indeks kepercayaan konsumen di kuartal IV 2017 turun dari 127 di kuartal III 2017 menjadi 125. Meski begitu, Indonesia masih menempati urutan ketiga sebagai negara dengan kepercayaan market secara global," seperti dilansir Nielsen, Kamis (12/04).
Peringkat pertama ditempati Filipina dengan indeks 131, lalu diikuti oleh India dengan indeks di 130. Sementara di bawah Indonesia, Amerika Serikat menduduki peringkat keempat dengan indeks 118.
Nielsen juga mencatat indeks keinginan konsumen Indonesia untuk berbelanja meningkat dari kuartal III 2017 sebesar 56 persen menjadi 60 persen pada kuartal IV 2017.
Survei Nielsen juga menyebutkan, bahwa pada kuartal IV 2017, sebanyak 53 persen konsumen Indonesia berpikir bahwa perekonomian Indonesia resesi atau merosot. Lebih tinggi dibanding kuartal III 2017 sebesar 47 persen.
Survei ini dilakasanakan pada periode 8 November hingga 23 November 2017 dan mensurvei lebih dari 32.000 konsumen online di 64 negara di seluruh Asia-Pasifik, Eropa, Amerika Latin, Tengah Timur / Afrika dan Amerika Utara. Sampel termasuk pengguna internet yang setuju untuk berpartisipasi dalam survei ini dan memiliki kuota berdasarkan usia dan jenis kelamin untuk setiap negara. Margin kesalahan 0,6 persen di tingkat global.
© Copyright 2024, All Rights Reserved