Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S Soetiono mengklaim OJK berhasil menyelesaikan 91 persen dari total laporan yang masuk.
Adapun OJK mencatat telah menerima layanan konsumen sebanyak 61.157 laporan yang terdiri dari 39.900 pertanyaan dengan porsi 64,2 persen terhadap laporan, 18.464 informasi dengan porsi 29,7 persen terhadap laporan dan 3.793 pengaduan konsumen dengan porsi 6,1 persen terhadal laporan.
"Dari jumlah pengaduan tersebut telah diselesaikan sebanyak 91 persen," kata Kusumaningtuti S Soetiono, Selasa (26/04).
Kusumaningtuti menjelaskan, komposisi pengaduan terdiri dari pengaduan di sektor perbankan sebanyak 2.031, pengaduan di sektor perasuransian sebanyak 980, sektor lembaga pembiayaan 458 laporan, serta pengaduan sektor pasar modal 118 laporan.
Selain itu, kata Kusumaningtuti, OJK juga membuka gerai layanan konsumen di kantor OJK serta mengadakan pertemuan dengan direksi lembaga jasa keuangan untuk persiapan penerapan standarisasi penanganan pengaduan dan penyelesian sengketa di masing-masing lembaga jasa keuangan.
"Konsumen yang cerdas dan mandiri di sektor keuangan pada akhirnya akan meningkatkan kontribusi sektor keuangan," pungkas Kusumaningtuti.
© Copyright 2024, All Rights Reserved